Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN Terbaru 2020

SuratPedia.com – Pekerjaan BUMN menjadi salah satu pekerjaan yang sangat diincar para pencari kerja. BUMN sendiri adalah Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk perusahaan persero.

Perusahaan BUMN sangatlah banyak di Indonesia dan hampir semua perusahaan membutuh karyawan baru pada tahun ini. Untuk itu, perusahaan BUMN pada tahun ini memiliki peminat yang membludag.

Dengan jumlah peminat pendaftar perusahaan BUMN menjadikan para pelamar sulit untuk diterima pada salah satu perusahaan BUMN. Namun, bagi pendaftar perusahaan BUMN tidak perlu takut keterima atau tidaknya, karena sudah memiliki jalan rezeki masing-masing jadi tidak ada salahnya mencoba.

Salah satu syarat untuk mendaftar perusahaan BUMN adalah surat lamaran pekerjaan. Bagi kalian yang masih awam tentang penulisan surat lamaran pekerjaan BUMN kami akan menjelaskan cara-cara tersebut pada laman ini.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja BUMN

  1. Tips pertama membuat surat lamaran kerja BUMN yaitu buatlah surat lamaran kerja beserta CV dengan format yang benar. Gunakanlah bahasa yang baik dan benar sesuaikan bahasa berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  2. Hindari kesalahan format penulisan. Jika terjadi kesalahan format penulisan yang terjadi surat lamaran akan langsung disingkirkan oleh perusahaan.
  3. Selain format penulisan, tips yang harus kalian keluarkan dalam surat lamaran kerja BUMN yaitu menonjolkan kemampuan yang berada diluar akademik.
  4. Sebaiknya menulis surat lamaran kerja BUMN tanpa meniru surat lamaran kerja orang lain.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja BUMN

1. Tempat dan Tanggal

Tempat dan tanggal surat lamaran kerja berbeda dengan surat lamaran kerja biasa. Tempat tanggal surat lamaran kerja BUMN berada disebelah pojok kiri atas.

Menulis tempat dan tanggal surat lamaran kerja tidak diakhiri tanda titik (.) karena tidak termasuk kalimat. Namun setelah tempat diberi tanda koma (,) sebekulum melanjutkan ke tanggal. Contoh: Yogyakarta, 22 Desember 2019

2. Hal atau Perihal

Hal atau perihal yang tertulis dalam surat lamaran kerja BUMN “Lamaran Pekerjaan”. Penulisan hal atau perihal juga tidak diakhiri dengan tanda titik (.).

3. Penulisan Nama Serta Alamat Perusahaan

Untuk penulisan nama yaitu Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Setelah nama dilanjutkan menulis alamat lengkap perusahaan yang akan dituju pelamar.

4. Salam Hormat

Salam hormat yang tertulis dalam surat lamaran kerja BUMN cukup dengan “Dengan hormat,”. Jangan lupa diakhiri dengan tanda koma (,).

5. Pembukaan

Pembukaan surat lamaran kerja BUMN yaitu mencantumkan darimana kalian mendapatkan informasi bahwa perusahaan BUMN tersebut membutuhkan karyawan baru. Jangan lupa sebutkan jabatan yang akan kalian pilih dalam melamar kerja di perusahaan.

6. Biodata Pribadi

Biodata pribadi yang dituliskan pada surat lamaran kerja BUMN antara lain:

  • Nama lengkap
  • Tempat, tanggal lahir
  • pendidika Terakhir
  • Alamat
  • Telepon
  • Email

7. Kemampuan yang Dimiliki

Setelah menulis biodata pribadi, dilanjutkan dengan menonjolkan kemampuan yang kalian miliki.

8. Lampiran

Tujuan dari lampiran pada surat lamaran kerja BUMN adalah meyakinkan perusahaan untuk mempertimbangkan kalian diterima atau tidaknya di dalam perusahaan. Terdapatnya lampiran menjadikan nilai plus bagi para pelamar.

Isi lampiran surat lamaran kerja BUMN yaitu

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy KTP
  • Foto copy Ijasah Terakhir
  • Foto copy Transkip Nilai
  • Foto copy Sertifikat Pelatihan Komputer atau Bahasa Inggris
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

9. Penutup

Penulisan penutup dalam surat lamaran kerja BUMN yaitu memberikan keyakinan pada perusahaan untuk menerima kalian sebagai karyawan. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasih.

10. Salam Penutup

Penulisan salam penutup pada surat lamaran kerja BUMN yaitu “Hormat saya,” sertakan dengan nama dan tanda tangan penulis surat.

Setelah cara penulisan surat lamaran kerja BUMN selesai, kami akan menampilkan contoh surat lamaran kerja BUMN dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN

Contoh surat lamaran kerja BUMN diatas bisa menjadi referensi bagi kalian yang tertarik mendaftar menjadi karyawan BUMN. Kalian bisa menggunakannya untuk mendaftar perusahaan BUMN seperti Pertamina, Telkom dan masih banyak lagi lainnya.

Kami yakin banyak sekali yang tertarik menjadi karyawan BUMN. Alasannya adalah karena gajinya sangat besar. Yah, gaji menjadi karywan BUMN bisa melebihi pekerjaan sektor swasta, jadi wajar apabila banyak yang bermimpi bekerja di salah satu perusahaan BUMN.

Agar diterima menjadi karyawan BUMN, tentu ada syarat-syaratnya. Nah salah satu syaratnya adalah mengirim surat lamaran kerja. Kalian bisa mendownload contoh surat BUMN diatas, kemudian edit sesuai data diri kalian, baik itu nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat, dll.

Pastikan data diri yang kalian masukan tertulis dengan benar. Jangan lupa untuk menyertakan syarat-syarat lainnya, seperti surat pengalaman kerja, sertifikat, ataupun syarat lainnya. Nah demikianlah informasi contoh surat lamaran kerja BUMN. Semoga contoh surat diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagian kalian yang berencana mendaftar salah satu perusahaan BUMN.

Leave a Comment